Wabup Hadiri Penilaian Lomba Subak Desa Adat Pecatu

berita 433 kali 26 Apr 2018 01:04:30


Subak Jadi Warisan Budaya dan DayaTarik Wisata

SUBAK dan Subak Abian adalah warisan budaya. Subak sebagai warisan budaya juga mejadi daya tarik pariwisata. Demikian kata Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa saat menghadiri penilaian Lomba Subak Abian di Subak Abian Puluk-puluk, Desa Adat Pecatu, Kuta Selatan, Rabu (26/10).

Berkenaan dengan hal tersbeut, Wabup Suiasa menyampaikan, Pemkab Badung di bawah duetnya bersama Bupati Nyoman Giri Prasta akan tersu mengupayakan pelestarian subak, melalui dukungan DPRD Badung. Karena selain menjaga warisan budaya, subak juga menjadi daya tarik pariwisata.

“Warisan budaya seperti subak yeh- subak abian dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata,” kata Suiasa yang pada kesempatan itu juga dihadiri Anggota DPRD Badung I Made Sumerta, Ketua Tim Penilai Kabupaten Badung yang juga Kadispenda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kadis Peternakan, Perikanan dan Kelautan (Disnakanlut) I Made Badra, Camat Kuta Selatan I Wayan Wirya serta Forum Pekaseh dan Kelian Subak Kuta Selatan dan masyarakat setempat.

Wabup Suiasa juga berharap agar warga Subak Abian Pulukpuluk , Desa Adat Pecatu tetap memelihara keberadaan parahyangan subak. Dengan cara meningkatkan rasa saling memiliki. Yang tak kalah pentingnya, Pemkab Badung juga berkomitmen menjaga dan melestarikan keberadaan subak di Badung melalui berbagai program.

Kadispenda Badung dan Pesadahan Agung, I Wayan Adi Arnawa mengatakan lomba tak sebatas mencari juara, tetapi lebih dari itu. “Lomba ini tidak hanya mencari para juara. Lebih dari itu, Pemkab Badung ingin menjaga kelangsungan hidup para anggota subak yeh maupun abian itu di tengah desakan kebutuhan pemukiman yang sangat tinggi  akhir-akhir ini,” katanya.

Dalam lomba ini diharapkan dapat menjaga kelestarian budaya persubakan di Kabupaten Badung. Sebelum pelaksanaan lomba, masing-masing subak telah diberikan pembinaan mengenai pelaksanaan Tri Hita Karana.

Lomba subak diikuti empat subak abian dan empat subak yeh yang merupakan duta masingmasing kecamatan se- Kabupaten Badung. Pemenang lomba ini nantinya akan mewakili Kabupaten Badung untuk berlomba di tingkat Provinsi Bali. 

sumber (https://www.posbali.id/wabup-hadiri-penilaian-lomba-subak-desa-adat-pecatu : nas/adv)

Share | | | |

Tags: Pecatu Kabupaten Badung

Comment Form is loading comments...
READ NEWS
Tgl : 22 Sep 2019 | Jam : 22:09:04
Wabup Hadiri Penilaian Lomba S...

I Made Karyana Yadnya, SE

  • Dikunjungi oleh : 143213 Org
  • IP address : 3.80.4.76
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
Sekilas Tentang Pecatu ( 5000k liked)

Type your best E-mail Address